Home > Tips and Trik > Monitoring dan Kontrol Akses Internet dengan Big Mother

Monitoring dan Kontrol Akses Internet dengan Big Mother

AnyRouter_logoPermasalahan yang dihadapi di rumah dan di perkantoran dalam hal akses internet sebenarnya hampir sama, yaitu soal efektivitas dan efisiensi penggunaan bandwidth internet. Sering kali akses Internet tidak dipergunakan sebagaimana semestinya. Di saat jam kerja karyawan memanfaatkan akses internet untuk chatting atau mendownload file-file berukuran besar. Di rumah, saat orang tua tidak ada, akses Internet bisa dipakai untuk mengakses situs-situs porno atau situs-situs yang tidak semestinya.

Akses semacam itu semestinya bisa dikontrol. Untuk keperluan pengendalian, biasanya perusahaan atau perkantoran dipasangin proxy server. Proxy sebagai fasilitas caching sering dipakai untuk melihat aktivitas internet dan memblokir akses ke alamat tertentu. Di rumah, feature parental control lebih banyak berperan untuk mengendalikan akses Internet.

49846

Di samping kedua cara diatas, ada sebuah software yang berfungsi untuk memantau akses Internet, yaitu Big Mother. Big Mother adalah aplikasi yang mencatat alamat web yang dikunjungi pengguna dan juga mencatat arus data email, chat, game dan FTP secara realtime.

Bukan hanya itu saja, Big Mother juga dapat mengambil tampilan layar dari situs yang dikunjungi seseorang dan juga dapat membuat salinan email saat seseorang mengirim dan menerima email. Semua history chat  pengguna di MSN, YM, AIM juga dapat tercatat. Jadi Administrator benar-benar tahu persis apa saja yang dilakukan pengguna dan isi percakapan yang dilakukan.

Disamping fungsinya sebagai “Penyadap” atau yang biasa dikenal dengan Key Logger, Big Mother juga bisa menghasilkan laporan statistik penggunaan akses Internet. Tentunya dengan laporan statistik tersebut, anda dapat menganalisis dan membuat aturan atas penggunaan Internet. Misalnya di jam-jam kerja, akses Messenger atau Chatting dimatikan agar pengguna tidak chatting melulu dijam kerja. Atau anda juga bisa membuka akses Internet hanya pada jam-jam kerja. Anda juga bisa memblokir situs-situs tertentu yang menurut anda tidak pantas untuk dikunjungi.

Sayangnya Software Big Mother ini tidak gratis, yang artinya anda diharuskan membeli lisensi untuk dapat menggunakan software ini secara FULL. Harga software Big Mother ini adalah $69 per software. Jika anda tertarik untuk mencoba software Big Mother ini, anda dapat men-download dan mencoba software ini selama 7 hari.

Categories: Tips and Trik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: